Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 4, No 4 (2016): Desember (Media Cetak)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Informatika Ciamis)

NUR RIZQI ARIFIN (Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Berdasarkan survei dari 'kemampuan kritis pikiran, kelas XI IPS SMA Informatika Ciamis pada pelajaran ekonomi, aneh semester 2015/2016, yang merupakan rata-rata skor tes harian menemukan bahwa siswa siswa kemampuan berpikir kritis yang rendah, yang ditunjukkan dengan hasil analisis soal pelajaran ekonomi dan siswa yang mendapatkan nilai standar minimal (KKM) hanya 23 siswa atau 38,33% sedangkan siswa yang mendapatkan nilai minimum standar rendah 37 siswa atau 61,66%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran tim mahasiswa Jenis divisi prestasi kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI kelas sosial SMA Informatika Ciamis.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, cara itu tes pemikiran kritis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tim mahasiswa jenis divisi prestasi, digunakan software statistik SPSS (Program statistik Smart Solution) perhitungan, Ver 17.or untuk windows. instrumen ini memberikan pertanyaan ke kelas XI IPS 1 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan XI IPS 2 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif, prestasi tim mahasiswa divisi (STAD) jenis, yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa dan 60 pertanyaan sebagai instrumen uji di tiga pertemuan kelas. uji validitas instrument, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji analisis data atau dua rata-rata tes yang berbeda. Hasil pengumpulan dan analisis data melalui uji hipotesis diringkas sebagai berikut: 1) Ada yang berbeda dari pemikiran kritis mahasiswa di pre-test dengan uji pasca di kelas eksperimen yang digunakan kooperatif siswa belajar divisi prestasi tim (STAD) ketik di ekonomi pelajaran kelas XI SMA informatika ciamis. 2) Ada yang berbeda dari pemikiran kritis mahasiswa di pre-test dengan uji pasca di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran ekonomi kelas XI SMA informatika ciamis. 3) Tidak ada yang berbeda signifikan dari pemikiran kritis mahasiswa di pos-test pada kelas eksperimen yang digunakan divisi kooperatif siswa belajar prestasi tim (STAD) jenis dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran ekonomi kelas XI SMA Informatika Ciamis. Berdasarkan penjelasan dan hasil penelitian, penulis direkomendasikan / memberikan saran bahwa tidak semua pelajaran dalam kondisi sekolah yang berbeda dapat menggunakan siswa belajar divisi prestasi tim koperasi (STAD) jenis, sehingga perlu untuk fokus dari penggunaan.Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...