Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu
Vol 1, No 1 (2019): Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu

PENGARUH BIBLIOTERAPI TERHADAP STRES HOSPITALISASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Ida Ayu Putri Prami Dewi, Endang Lestiawati, Listyana Natalia R, (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Anak yang di rawat di rumah sakit makin meningkat setiap tahunnya. Sakit dan di rawat di rumah sakit meripakan krisis utama yang terjadi pada anak. Selama hospitalisasi anak mendapat pengalaman yang sangat traumatic dan penuh dengan stress. Oleh karna itu digunakan terapi dengan penggunaan buku bacaan yang disesuaikan dengan keadaan anak yang disebut dengan biblioterapi. Dimana biblioterapi digunakan untuk mengurangi stress yang di alami anak selama hospitalisasi. Tujuan studi ini ntuk mengetahui pengaruh biblioterapi terhadap stress hospitalisasi pada anak usia sekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan one group pre and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner untuk mengukur stress hospitalisasi pada anak. Teknik analisa data menggunakan uji beda paired sample t-test. Rata-rata stress hospitalisasi pada anak sebelum diberikan biblioterapi adalah 10.50 dan setelah diberikan biblioterapi adalah 6.05, dengan hasil uji bivariat didapatkan nilai (p-value 0.000 < 0.05). Ada pengaruh biblioterapi terhadap stress hospitalisasi pada anak usia sekolah di RSUD Panembahan Senopati Bantul.Kata kunci: biblioterapi, stres hospitalisasi, anak usia sekolahThe number of children getting hospitalized is increasing every year. Being sick and getting hospitalized is a major crisis for children. During hospitalization, children get a very traumatic and stressful experience. Therefore, a therapy can be given using reading books that are adapted to the children’s condition, this is called bibliotherapy. Bibliotherapy is used to reduce stress while the children are being hospitalized. Aim of this study is to determine the influence of ibliotherapy on hospitalization stress in school-aged children at ‘Panembahan Senopati’ General Hospital, Bantul.This is a quasi-experimental research with a one group pretest and posttest design. The samples are taken using a consecutive sampling, resulting in 18 respondents selected. The research instruments used are questionnaires to assess hospitalization stress in school-aged children. The analysis technique used is the paired sample t -test. The average hospitalization stress in children before bibliotherapy is given is 10.50 and after bibliotherapy, the average stress level is 6.05, results of a bivariate test show a p-value of 0.000 < 0.05. There is an influence of bibliotherapy on hospitalization stress in school-aged children at ‘Panembahan Senopati’ General Hospital,Bantul.Keywords: bibliotherapy, hospitalization stress, school aged children

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PSN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Engineering Health Professions Other

Description

Prosiding ini di terbitkan untuk publikasi artikel hasil penelitian, pengabdian masyarakat yang mencakup bidang kesehatan, sain s dan teknologi, ekonomi, sosial humaniora. ...