NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 4 No 1 (2017): (April 2017)

SIFAT-SIFAT YANG HARUS DIMILIKI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Tarbiyat al-Awlad fi Al-Islam)

Yuisman, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abdullah Nashih Ulwan adalah seorang pakar pendidikan khususnya dalam pendidikan anak.Abdullah Nashih Ulwan sangat memperhatikan sekali masalah pendidikan, ia memperhatikanmulai dari pendidikan anak sampai kepada sifat yang harus dimiliki oleh pendidik dan pesertadidik. Ia membahas sedetilnya tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pendidik dan pesertadidik. Oleh sebab itu penulis ingin mengungkapkan tentang pemikiran Abdullah NashihUlwan ini yang mengkaji tentang sifa-sifat pendidik dan peserta didik dalam Buku Tarbiyat alAwlad fi al Islam yang merupakan buku yang membahas tentang sifat-sifat pendidik danpeserta didik yang di dalam pembahasannya didasarkan pada bukti yang merujuk pada alQur?an dan Hadits Rasulullah. Pada zaman sekarang pendidik masih banyak melakukanTransfer of knowledge (Transfer Ilmu) kepada peserta didik tetapi sangat jarang sekalimelakukan Transfer of Value (Transfer Nilai) kepada peserta didik. Sehingga peserta didikdalam pergaulan sehari-hari mengalami kerusakan moral, bergaul dengan orang yang tidakmemiliki pendidikan dan peserta didik terjerumus ke dalam prilaku yang tidak baik (sesuatuyang haram) hal ini disebabkan karena pendidik tidak lagi melakukan tanggung jawabnyasebagai seorang pendidik.Kata Kunci: Sifat-sifat, Pendidik, Peserta Didik, Pemikiran, M. Nashih Ulwan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...