Jurnal Repositor
Vol 2 No 1 (2020): Januari 2020

Analisis Perilaku Penerimaan Penggunaan E-Filing Menggunakan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (TPB) Dan Technology Acceptance Model (TAM)

Belli Kafilla Gani (Universitas Muhammadiyah Malang)
Evi Dwi Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Malang)
Gita Indah Marthasari (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

Perpajakan telah menjadi persyaratan negara sebagai penyumbang devisa terbesar negara, perpajakan di Indonesia belum lolos berbagai kegiatan. Terutama di era modern ini, yang selalu menggunakan teknologi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, perpajakan di Indonesia kini juga telah mulai menerapkan sistem baru yang mulai mengedepankan teknologi, yaitu sistem pelaporan pajak tahunan berbasis online, sistem ini adalah sistem e-Filing. Penelitian ini mengacu pada seberapa banyak pengguna merasa puas dengan sistem e-Filing karena sistem ini merupakan sistem baru yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai langkah inovasi dan pembaharuan dalam penyampaian laporan pajak tahunan. Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behaviour (TPB) adalah referensi peneliti sebagai sarana pendekatan dalam menganalisis sistem e-Filing karena Technology Acceptance Model (TAM) mengacu pada aspek penerimaan berbasis teknologi, sedangkan dalam Theory of Planned Behavior (TPB) mengacu pada aspek penerimaan berdasarkan perilaku pengguna dalam menggunakan sesuatu, Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menghitung serta untuk melepaskan data sehingga dapat mengukur perilaku penerimaan pengguna dalam menggunakan Sistem e-Filing berdasarkan kombinasi dari dua model.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...