Jurnal Administrative Reform
Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM

PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KANTOR CAMAT LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NO. 7 TAHUN 2012)

Ilham . (Mulawarman University)
Dan Buntu Paranoan (Mulawarman University)
Enos Paselle (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pelayanan  Administrasi  Terpadu  Kecamatan  (PATEN di  Kantor Camat Loa Janan Kabupaten Kutai Kartenagara. Fokus penelitian yang ditetapkan meliputi mekanisme pelayanan administrasi terpadu, transparansi petugas dalam memberikan pelayanan, ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, kedisiplinan aparatur dalam pelayanan, sarana dan prasarana penunjang pelayanan, kerjasama/koordinasi antar petugas pelaksana, dan keramahtamahan aparatur dalam memberikan layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), sebagaimana yang diatur melalui kebijakan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 7 tahun 2012 secara implementatif telah membawa perubahan yang berarti terhadap kualitas layanan. Meskipun secara aplikatif pelayanan administrasi terpadu  belum mencapai hasil yang optimal, tetapi tindakan-tindakan yang dilakukan Camat Loa Janan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dan mendapatkan apresiasi masyarakat di wilayah Kecamatan loa Janan. Dengan diterapkan pelayanan administrasi terpadu, semua jenis pelayanan dapat diselesaikan dalam satu pintu (one door service) sehingga para pemakai jasa tidak lagi dihadapkan pada jalur birokrasi yang berbelit-belit dan pengorbanan yang tinggi dan layanan dapat diselesaikan lebih efektif dan efisien. Kurang optimalnya implementasi pelayanan administrasi terpadu,  tidak dibarengi dengan berbagai faktor penunjang diantaranya sumber daya aparatur yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai, sikap dan perilaku aparatur yang baik dan kedisplinan aparatur  yang mampu memegang teguh etika profesi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Lingkup dan fokus naskah Jurnal Administrative Reform mencakup bidang Administrasi Negara. Tujuan dari penerbitan Jurnal Administrative Reform adalah sebagai media publikasi ilmiah dalam rangka pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di bidang Administrasi Negara. Jurnal Administrative Reform memuat ...