Abstrak: Artikel ini mengeksplorasikan profil pembelajaran biologi dengan nuasa pemurnian sains di SMP Negeri yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Pengetahuan sains murni siswa diidentifikasi berhubungan dengan bioteknologi yang didapat dari budaya lama orang tua atau nenek moyang mereka. Pengetahuan sains murni dieksplorasi aspek ilmu multikultural, pedagogi dan menggambarkan cabang ilmu adat yang kaya dan terdokumentasi dengan baik yang dikenal oleh para ahli biologi dan bioteknologi sebagai Pengetahuan Bioteknologi Tradisional (PBT). Meskipun PBT secara umum tidak dapat diakses, para pendidik sekarang dapat menggumpulkan literatur PBT dari siswa, orang tua dan masyarakat yang didokumentasikan secara rapi dengan bantuan rekaman video wawancara siswa dengan masyarakat yang pernah mengaplikasikan PBT . Contoh ilmu pengetahuan asli yang terbukti salah satunya makanan hasil fermentasi Pliek u khas Aceh. Pliek u dijadikan kajian khusus dalam pembelajaran yang berhubungan dengan BAB fermentasi. Dari observasi yang dilakukan di 10 sekolah negri di Aceh Barat, 20 % pernah menghubungkan proses pembelajaran dengan nuansa pemurnian sains, 75 % lagi belum pernah menghubungkan proses pembelajaran dengan nuansa pemurnian sains dan 5% yang lainnya ragu-ragu telah/belum menghubungkan proses pembelajaran dengan nuansa pemurnian sains. Kata-kata kunci: Indigenous Science, Pemurnian sains dan Pembelajaran sains murni
Copyrights © 2019