Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRILLS PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016

Suryanti Suryanti (Unknown)
Sepita Ferazona (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui E-Learning berbasis MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dengan menggunakan model Drills di kelas XI SMAN Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 yang merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan rerata. Penilaian media dilakukan oleh validator terdiri dari tiga ahli media, tiga ahli materi, dan peserta didik SMAN Pekanbaru. Pengambilan data dimulai pada tanggal 12 Oktober sampai 30 November 2016. Subjek penelitian adalah media pembelajaran online Sistem Gerak, Sistem Pencernaan, Sistem Respirasi, Sistem Ekskresi, Sistem Koordinasi, Sistem Reproduksi dan Sistem Imun. Hasil penelitian dari validator media menunjukkan bahwa Aspek Rekayasa Perangkat Lunak Kategori Sangat Tinggi (3,72), Aspek Komunikasi Audio Visual Kategori Tinggi (3,87). Untuk Validasi Materi untuk Kelayakan Isi Kategori Sangat Tinggi (3,88). Selanjutnya untuk Uji Kelayakan Siswa Ada Aspek Media Pembelajaran Sangat Tinggi (3,53), Aspek Materi Kategori Tinggi (3,73), Aspek Manfaat Kategori Sangat Tinggi (3,64). Dapat disimpulkan bahwa dari ketiga Validasi Media, Validasi Materi dan Uji Kelayakan semua dalam kategori sangat tinggi. Kata-kata kunci: E-Learning berbasis MOODLE, model Drills, Materi biologi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...