Pawon: Jurnal Arsitektur
Vol 2 No 01 (2018): PAWON : Jurnal Arsitektur

PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PRODI ARSITEKTUR ITN MALANG

Maria Istiqoma (Institut Teknologi Nasional Malang)
Tutut Nani Prihatmi (Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2018

Abstract

Pengaturan tempat duduk merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang diharapkan mampu meningkatkan terjadinya pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaturan temp at duduk terhadap efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris di Prodi Arsitektur ITN Malang serta model pengaturan tempat duduk yang yang paling efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan adalah analisis ragam (ANOVA). Data diperoleh dari nilai tes standar dengan sampel 75 orang mahasiswa Arsitektur ITN Malang angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris pada semester ganjil 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penataan tempat duduk dalam meningkatkan nilai test mahasiswa, dan Formasi Corak Tim adalah penataan tempat duduk yang paling efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pawon

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Other

Description

Karya ilmiah sebagai wacana ilmu pengetahuan dan teknologi bidang arsitektur semakin beragam dengan pemaparan dari pelbagai sisi. Apapun bentuknya, ini adalah suatu pemahaman aspek dunia arsitektur yang semakin kompleks dan berkembang sesuai dengan tuntutan globalisasi. Jurnal Pawon akan selalu ...