Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial
Vol. 2, No. 2, Oktober 2019

PEMBERDAYAAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGAKSES OPEN ACCESS SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN CAPABILITY LEARNER

Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)
Ence Surahman (Universitas Negeri Malang)
Umi Safiul Ummahh (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan upaya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk  pelatihan bagi siswa – siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Kabupaten Sidoarjo.  Hal ini dikarenakan permasalahan siswa berkebutuhan khusus telah memiliki keterampilan, namun tidak memahami tindak lanjut atas apa yang telah mereka miliki tersebut. Sebagai contoh siswa telah mampu mengusai cara membuat keset, kemudian mereka tidak mengerti cara memasarkan produk mereka. Kemudian untuk make up saat ini banyak sekali teknik make up yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu sesuai dengan definisi dari capability learner atau kapabilitas pebelajar dimana mereka tidak hanya memiliki satu kemampuan namun beberapa kemampuan guna mendukung satu skill yang telah dimiliki dengan baik. Pada akhir kegiatan pemberdayaan ini diharapkan siswa Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Kabupaten Sidoarjo agar memiliki kapabilitas sehingga dapat terwujud untuk menjadi figur yang mandiri dan memiliki kecapakan hidup yang baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is a journal focused on articles of research and community service in the field of social science (Ideology, Citizenship, Human Geography, History, Social Studies, Sociology, Politics, Education and Humaniora). ...