Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Jepri Arizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Pidato oleh Siswa Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil dari siswa-siswi kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai.  Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sample atau teknik gulungan kertas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis pidato siswa dari kelas yang menerapkan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) dengan kelas lain lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) pada pokok bahasan menulis naskah pidato oleh siswa kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pembelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai tertinggi kelas eksperimen (yang mendapat pembelajaran menulis naskah pidato dengan menggunakan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) adalah 95 dan nilai terendah 55. Nilai tertinggi kelas control (yang mendapat pembelajaran menulis naskah pidato dengan metode ceramah) adalah 85 dan terendah 45.Kata Kunci : model pembelajaran, kemampuan, menulis, naskah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari ...