MDJ (Makassar Dental Journal)
Vol. 2 No. 1 (2013): Vol 2 No 1 Februari 2013

Nyeri orofasial yang terkait dengan disfungsi sendi temporomandibula: diagnosis dan perawatannya (makalah ini dibawakan pada PERIL 3 IPROSI di Makassar)

Daroewati Mardjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Nyeri orofasial (NOF), atau nyeri kraniofasial, adalah gejala nyeri yang dirasakan di daerah sekitar mulut, wajah, kepala, dan leher. Sebenarnya nyeri ini, seperti halnya nyeri yang lain, hanyalah suatu gejala subjektif yang menandai adanya penyakit /gangguan di sekitar daerah tersebut. Nyeri sebenarnya adalah suatu sensasi yang sangat tidak menyenangkan, bahkan kadang-kadang mengganggu aktivitas seseorang. Karena nyerilah orang merasa cemas dan terdorong mencari pertolongan profesional. Oleh penderita, nyeri biasa dikemukakan dengan berbagai istilah, antara lain nyeri menusuk, nyeri tajam, nyeri berdenyut, nyeri tumpul, nyeri di permukaan, nyeri di dalam, dan masih banyak lagi yang lain. Persepsi pasien tentang nyeri sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti emosi, pengalamannya tentang nyeri, sosiobudaya, dan masih banyak lagi faktor yang mungkin berpengaruh. Karena itu sering kali nyeri sulit dideteksi sumbernya, lebih-lebih jika nyeri itu bersifat tumpul dan dalam, dan perawatannya menjadi tidak terarah. Pada kesempatan ini akan dibahas secara singkat NOF ini, khususnya yang terkait dengan masalah disfungsi sendi temporomandibula (STM), karena masalah ini sering dijumpai dalam praktik sehari-hari dokter gigi. Harapannya, dapat membuka wawasan para sejawat menghadapi pasien dengan masalah tersebut di atas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MDJ

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The journal receives a manuscript from the following area below Dentistry science and development with interdisciplinary and multidisciplinary approach: Dental Public Health and Epidemiology Oral and Maxillofacial Surgery Dental Conservation and Endodontics Preventive Dentistry Biomedical Dentistry ...