MDJ (Makassar Dental Journal)
Vol. 4 No. 6 (2015): Vol 4 No 6 Desember 2015

Tekstur makanan: sebuah bagian dari food properties yang terlupakan dalam memelihara fungsi kognisi? (Food texture: a part of the food properties that ignorable for maintaining cognitive function?)

Kartika Indah Sari (Unknown)
Winny Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Tekstur makanan adalah hasil dari respon tactile sense terhadap bentuk rangsangan fisik ketika terjadi kontak antara bagian di dalam rongga mulut dan makanan. Penelitian pada hewan dan manusia mengungkapkan bahwa aktivitas mastikasi mempengaruhi fungsi kognisi di hipokampus, suatu regio pada sistem saraf pusat yang penting untuk learning dan spasial memory. Artikel ini bertujuan membahas beberapa hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan tekstur makanan, mastikasi dan fungsi kognisi. Aktivitas mastikasi merupakan aktivitas yang sangat kompleks yang merupakan kegiatan sensoris motoris. Gangguan terhadap fungsi mastikasi mempengaruhi morfologi hipokampal dan hipokampus melalui kemungkinan proses degenerasi, terutama pada manula. Penelitian-penelitian yang membahas topik ini masih terus berlangsung. Disimpulkan bahwa tekstur makanan yang padat atau keras dapat memelihara kemampuan learning dan memory, namun ingestion tekstur makanan lunak dalam jangka waktu yang lama kemungkinan akan mempengaruhi kemampuan learning dan memory melalui kemungkinan hubungan dengan neurogenesis hipokampal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MDJ

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The journal receives a manuscript from the following area below Dentistry science and development with interdisciplinary and multidisciplinary approach: Dental Public Health and Epidemiology Oral and Maxillofacial Surgery Dental Conservation and Endodontics Preventive Dentistry Biomedical Dentistry ...