Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi uji prasyarat. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh sebesar 16,287 dan nilai uji t ( sebesar 0,214 dan nilai tabel sebesar 1,645, sehingga . Karena maka diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi belajar matematika yang tidak lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: model pembelajaran, TAI, TPS, prestasi belajar.
Copyrights © 2013