EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE TAI DAN TIPE TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Astuti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi uji prasyarat. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  sebesar 16,287 dan nilai uji t (  sebesar 0,214 dan nilai tabel  sebesar 1,645, sehingga . Karena  maka  diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi belajar matematika yang tidak lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.   Kata kunci:  model pembelajaran, TAI, TPS, prestasi belajar.

Copyrights © 2013