EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2013): EKUIVALEN

EFEKTIVITAS MODEL TPS BERBANTUAN CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Riawan Yudi Purwoko, Nur Septi Fajarwati, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang hasil belajar siswa dengan model pembelajaran tipe TPS berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan model konvensional pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dan sampelnya kelas VIII A dan VIII B. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Uji Chi Kuadrattaraf signifikansi 0,05. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran tipe TPS berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan model konvensional dan dari analisis uji efektivitas model pembelajaran diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran tipe TPS berbantuan Cabri 3D efektif diterapkan pada materi kubus dan balok.   Kata kunci: TPS, Cabri 3D, hasil belajar, efektivitas.

Copyrights © 2013