EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2013): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Riawan Yudi Purwoko, Ari Setyoko, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan metode konvensionalpada pokok bahasan persamaan garis lurus siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI Selomertotahun ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI Selomertotahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa, teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling.Dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan  menunjukkan sehingga ditolak. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan metode konvensionalpada pokok bahasan persamaan garis lurus. Kata kunci:Hasil belajar dan metode diskusi

Copyrights © 2013