Abstrak Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiprestasibelajarmatematikadengan model pembelajaran TGT lebihbaikdibandingkandengan model pembelajaran CTL padamateribangundatarsegitigasiswakelas VII SMP Negeri 31 Purworejotahunajaran 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIISMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2012/2013denganteknik simple random sampling.Sampel penelitian ini diambil satukelassebagaikelaseksperimendansatukelassebagaikelaskontrol. Sebelumdiujikan, tesprestasidalam bentuk pilihan gandadiujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metodeLillieforsdan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanandiperoleh 1,9239, sedangkan sehingga maka ditolak. Jadi, prestasibelajar matematika menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran CTLpadamateribangundatarsegitigasiswakelas VII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran2012/2013. Kata Kunci: kooperatif, TGT, CTL.
Copyrights © 2013