EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2013): EKUIVALEN

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODELPEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CARD SORT DAN ICE BREAKINGPADA SISWA KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Riawan Yudi Purwoko, Mismaya Marry Dany, Puji Nugraheni, (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2013

Abstract

Abstrak   Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah Purworejo, yang akan mempengaruhi prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Card Sort dan Ice Breaking. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes prestasi belajar setiap siklus, berupa tes uraian. Setelah data terkumpul data dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil observasi diperoleh peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 59,98% dengan kriteria ?tinggi? menjadi 77,22% dengan kriteria ?sangat tinggi?. Peningkatan aktivitas siswa berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat, dari nilai rata-rata awal 60 dengan ketuntasan 31,5% menjadi 66,7 dengan ketuntasan 37,9% setelah diberi tindakan pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,10 dengan ketuntasan 75,86% setelah diberi tindakan pada siklus II. Kata kunci: aktivitas siswa, jigsaw, card sort, ice breaking

Copyrights © 2013