EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2013): EKUIVALEN

PENERAPAN MODELTGT DENGANPERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Riawan Yudi Purwoko, Nila Khasanah, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2013

Abstract

Abstrak Tujuandalam penelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahprestasibelajarmatematikasiswapadamateri pecahandengan model pembelajaran TGT dengan mediapermainanulartanggaakanlebihbaikjikadibandingkandenganpembelajaran model ekspositori.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IV SD se-gugus Ahmad YanikecamatanPurworejoTahun 2012/2013.Teknikpengambilansampeldilakukansecara cluster random sampling. Validitasdiujidengankorelasiproduct moment, reliabilitastesdiujidenganrumus KR-20.UjiprasyaratAnalisisVariansimenggunakanujiLillieforsuntukujinormalitasdanujiBarlettuntukujihomogenitas.Dengan ? = 0.05 diperolehsampelberasaldaripopulasiberdistribusi normal danhomogen.Dari uji hipotesis diperoleh   = 1.7971 1.6702= , dengan ? = 0.05, artinyamodel pembelajaran tipe TGT dengan media permainan ular tangga menghasilkan prestasi belajar metematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi pecahan.   Kata kunci: TGT dengan media permainan ular tangga, prestasi belajar, pecahan.

Copyrights © 2013