EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2013): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI OPERASI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SAFEI

Riawan Yudi Purwoko, Dewi Purnamasari, Puji Nugraheni, (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2013

Abstract

Abstrak   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan PMRI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensional berbantuan alat peraga.Dalam penelitian ini digunakan pendekatan PMRI dan metode konvensional berbatuan alat peraga. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan ? = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata?rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t. Dengan ? = 0.05 menunjukkan thitung = 1.743 > 1.708 = ttabel berarti hasil belajar siswa yang menggunakan PMRI lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional berbantuan alat peraga pada materi operasi pecahan. Kata kunci: Hasil Belajar, PMRI, Konvensional.

Copyrights © 2013