EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Riawan Yudi Purwoko, Ngusman, Supriyono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2014

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 pada materi logika matematika yang menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan ? = 0,05 menunjukan tobs sebesar 3,7295 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi logika matematika.   Kata kunci: prestasi belajar,  Make a Match, logika matematika  

Copyrights © 2014