EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI MASLOW

Riawan Yudi Purwoko, Puri Sukarmi, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Pelutan Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Subyek penelitian ini  adalah siswa kelas IV SD Negeri Pelutan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 6 siswa putri dan 9 siswa putra. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan teknik persentase. Hasil penelitiannya adalah motivasi meningkat dari  61,45% pada siklus I menjadi 78,12% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari 60,00% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulannya hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teori Maslow dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Kata kunci: pendekatan Teori Maslow, motivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2014