EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN

KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIM KUIS PADA KOMPETENSI BANGUN RUANG SISI TEGAK

Riawan Yudi Purwoko, Septiana Nurul Arifah, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada bangun ruang sisi tegak; (2) keefektifan model pembelajaran tim kuis dalam pembelajaran matematika bangun ruang sisi tegak. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo  tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak enam kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari hasil analisis diperoleh: (1) tobs = 1,951 > ttabel = 1,6703 sehingga rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi bangun ruang sisi tegak, (2) tobs = 3,8305 > ttabel = 1,6955 sehingga penggunaan model pembelajaran tim kuis efektif pada kompetensi bangun ruang sisi tegak. Kata kunci: pembelajaran, tim kuis, prestasi

Copyrights © 2014