EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 7, No 4 (2014): EKUIVALEN

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Riawan Yudi Purwoko, Esti Yunita, Abu Syafik, (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran matematika dilakukan dengn pendekatan SAVI. Dengan demikian peningkatan motivasi tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada siswa kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa. Yaitu 12 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Pengambilan data melalui metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar evaluasi yang telah memenuhi syarat validitas isi. Analisis data menggunakan rata-rata, persentase ketuntasan klasikal siswa, dan rata-rata motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus 1 terdiri atas tiga pertemuan sedangkan siklus dua juga terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh Tahun Pelajaran 2012/2013 telah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil motivasi belajar siswa akhir siklus I sebesar 80,63 sedangkan pada akhir siklus II sebesar 83,78. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan SAVI yaitu dari 66,91 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 52,94% menjadi 74,85 dengan persentase ketuntasan 91,17% pada siklus II.   Kata kunci: motivasi, hasil belajar, pendekatan pembelajaran SAVI.

Copyrights © 2014