Abstrak Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ayah dan ibu dengan hasil belajar matematika siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah 543 siswa dan sampelnya berjumlah 226 siswa . Teknik sampling yang digunakan adalah teknik propotionate stratified random sampling. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis Korelasi Serial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ayah dengan hasil belajar matematika siswa terdapat korelasi positif () sebesar 0,066 dan antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ibu dengan hasil belajar terdapat korelasi positif sebesar () 0,041. Nilai korelasi kemudian dikonsultasikan dengan nilai r product moment sebesar 0,131, sehingga diperoleh kedua nilai koefisien korelasi kurang dari nilai . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa antara tingkat pendidikan formal ayah dan ibu dengan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 terdapat hubungan positif dan tidak signifikan. Kata kunci: tingkat pendidikan formal orang tua, hasil belajar matematika
Copyrights © 2014