EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2014): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Riawan Yudi Purwoko, Tenni Wijiati, Abu Syafik, (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software multimedia komik pembelajaran matematika dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa  SD kelas V yang berjumlah 36. Pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan meliputi studi kepustakaan, survey lapangan, dan penyusunan produk awal atau draf model, (2) pengembangan model meliputi prosedur pengembangan produk dan validasi ahli, dan (3) uji lapangan meliputi ujicoba lapangan awal, ujicoba lapangan utama, dan ujicoba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes hasil belajar. Perolehan skor rata-rata post test sebesar 78,19 (78,19%) dalam kategori baik dengan hasil 31 siswa mencapai ketuntasan dengan perolehan skor rata-rata 80,94; 5 siswa belum mencapai ketuntasan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 61,20; sedangkan perolehan ketuntasan klasikal dalam satu kelas tersebut sebesar 86,11%. Perolehan presentase respon siswa terhadap multimedia komik sebesar 83,33% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka multimedia komik pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SD.   Kata kunci: pengembangan, multimedia komik, pendekatan kontekstual

Copyrights © 2014