EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2014): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG

Riawan Yudi Purwoko, Erma Rahmawardhani, Bambang Priyo Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi Bangun Ruang Sederhana pada siswa kelas IV SD N Se-gugus Melati Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Se-gugus Melati Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.Dengan teknik Simple Random Sampling dipilih tiga sekolah sebagai sampel penelitian.Dua sekolah sebagai kelas eksperimen dan Satu sekolah sebagai kelas kontrol.Pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diujikan, tes hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lillieforsdan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett pada  taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh , sedangkan sehingga.Dengan demikian keputusan ujinya  ditolak. Oleh karena itu disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan Make A Match lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada materi bangun ruang.   Kata kunci: Make A Match, ekspositori, prestasi belajar, bangun ruang

Copyrights © 2014