EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 12, No 3 (2014): EKUIVALEN

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN TAI DAN TSTS MATERI GEOMETRI SMP

Riawan Yudi Purwoko, Delvia Andriani, Budiyono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2014

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari 70; (2) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih dari 70; dan (3) rerata hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah (1) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah 86,06; (2) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah 79,54; dan (3) rerata hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pembelajaran kooperatif tipe TSTS.     Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, TAI, TSTS, hasil belajar

Copyrights © 2014