EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2015): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Damayanti, Yunita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP N 27 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas, pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dari pengambilan sampel terpilih sebagai kelas ekperimen I yaitu VIII B dikenai model pembelajaran NHT, sedangkan kelas eksperimen II yaitu VIII D dikenai model pembelajaran TPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen tes sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS. Kata Kunci : NHT, TPS, hasil belajar matematika

Copyrights © 2015