EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2 (2015): EKUIVALEN

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Utami, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Make A Match dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Konvensional; (2) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Two Stay Two Stray dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Konvensional; (3) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Make a Match dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Two Stay Two Stray. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 3 kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel sama. Dari uji hipotesis analisis variansi satu jalan dengan sel sama diperoleh: (1) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Make A Match dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Konvensional; (2) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Two Stay Two Stray memberikan hasil belajar yang sama baiknya dengan siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Konvensional; (3) siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Make a Match dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran matematika model Two Stay Two Stray.   Kata kunci : Make A Match, Two Stay Two Stray, hasil belajar

Copyrights © 2015