EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 18, No 1 (2015): EKUIVALEN

HUBUNGAN KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP SE-KECAMATAN BULUSPESANTREN

Kurniawati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan: konsep diri, motivasi belajar dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Buluspesantren sebanyak 517 siswa. Dengan menggunakan teknik Proportionate Random Sampling diambil sampel sebanyak 130 siswa. Pengumpu-lan data dengan menggunakan angket dan tes. Dari pengolahan data diperoleh koefisien korelasi antar variabel secara berturut-turut sebesar: 0,22; 0,31; 0,28; 0,39; 0,29; 0,30; dan 0,08 dan thitung cecara berturut-turut sebesar: 2,62; 3,69; dan 3,36; Fhitung sebesar: 11,40; 6,14; 6,66; dan 0,26. Pengujian hipotesis mengha-silkan Ho ditolak dan Ho diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan: konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika; konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; konsep diri dan peran orang tua terhadap prestasi belajar matematika; motivasi belajar dan peran orang tua terhadap prestasi belajar ma-tematika. Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan dari ketiga variabel terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci: konsep diri, motivasi belajar, peran orang tua

Copyrights © 2015