EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 33, No 1 (2018): EKUIVALEN

PROSES PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DUA VARIABEL

Wijayanti, Ayu (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Sapti, Mujiyem (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa melakukan: (1) memahami masalah, siswa dapat menyatakan yang diketahui dan yang ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri, (2) merencanakan penyelesaian, siswa dapat menentukan aturan/rumus mengenai sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang digunakan, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, siswa menerapkan langkah-langkah penyelesaian dan melakukan perhitungan secara baik sesuai dengan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang pernah dipelajari sebelumnya, walaupun ada satu tahap yang tidak dilakukan yaitu menentukan titik potong kedua grafik (4) memeriksa kembali proses dan hasil, siswa memeriksa kembali langkah dan perhitungan yang telah dilakukan dari awal sampai akhir.   Kata kunci: Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Langkah Polya

Copyrights © 2018