EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RODA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PECAHAN

Esti Laras Sati (Progam Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nila Kurniasih (Unknown)
Sriyono Sriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kelayakan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa, (2) peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan alat peraga yang dikembangkan,dan (3) respon siswa selama pembelajaran menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil analisis data yaitu: (1) Hasil validasi alat peraga matematika dari tiga validator mendapatkan nilai 3,7 dengan kategori baik sekali, (2) peningkatan pemahaman siswa pada uji coba luas memperoleh N-gain 0,506 dengan kategori peningkatan sedang. (3) respon siswa terhadap alat peraga matematika roda pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada uji coba terbatas menghasilkan 79% dengan kategori baik, uji coba luas menghasilkan 89% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, alat peraga matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.   Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga Matematika, Pemahaman,Pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2018