Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika; (2) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika; (3) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII se-Kecamatan Sruweng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat assosiatif. Populasi ini seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Sruweng sebanyak 416 orang. Pengambilan sampel menggunakan pro-portionated random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 83 siswa. Teknik pe-ngambilan data dengan metode angket dan tes. Teknik pengolahan data menggunakan uji t, uji F, dan chi kuadrat. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa (1) terdapat hu-bungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,34 dengan tingkat hubungan rendah; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,37 dengan tingkat hubungan rendah;(3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,43 dengan tingkat hubungan sedang. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Visual Spasial, dan Hasil Belajar Matematika
Copyrights © 2018