EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Laelusifah, Laelusifah (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Kurniasih, Nila (Unknown)
Budiyono, Budiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika; (2) mengetahui adakah hubungan yang positif  dan signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika; (3) mengetahui adakah hubungan yang positif  dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII se-Kecamatan Sruweng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat assosiatif. Populasi ini seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Sruweng sebanyak 416 orang. Pengambilan sampel menggunakan pro-portionated random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 83 siswa. Teknik pe-ngambilan data dengan metode angket dan tes. Teknik pengolahan data menggunakan uji t, uji F, dan chi kuadrat. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa (1) terdapat hu-bungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,34 dengan tingkat hubungan rendah; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,37 dengan tingkat hubungan rendah;(3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,43 dengan tingkat hubungan sedang.   Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Visual Spasial, dan Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2018