EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 37, No 1 (2019): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP

Maulana, Muhammad Lutfi (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Astuti, Erni Puji (Unknown)
Yuzianah, Dita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul matematika berbasis etnomatematika, serta untuk mengetahui kelayakan modul matematika berbasis etnomatematika yaitu memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini merupakan penelitian R&Ddengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII A SMP N 25 Purworejo semester II tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian ini diperoleh bahwa (1) Modul matematika yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,6 dalam kriteria valid; (2) dari segi kepraktisan modul matematika dengan perolehan persentase 83% pada kriteria positif; dan (3) Modul matematika efektif dengan persentase ketuntasan yang diperoleh 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembalajaran.                                                                                                             Kata kunci: Etnomatematika, modul matematika

Copyrights © 2019