EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 39, No 1 (2019): EKUIVALEN

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Indarwati, Tri (Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia)
Sapti, Mujiyem (Unknown)
Yuzianah, Dita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 21 Purworejo. Sedangkan objek penelitian yaitu kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci:  pemahaman konsep, pemecahan masalah, PMR

Copyrights © 2019