EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 40, No 1 (2019): EKUIVALEN

ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HIMPUNAN

Andriati, Shelfi (Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia)
Nugraheni, Puji (Unknown)
Yuzianah, Dita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan kesulitan apa saja dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalahhimpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII H SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan snowball. Pengumpulan data menggunakan tes, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah operasi himpunan, diantaranya pada aspek bahasa siswa mengalami kesulitan untuk menafsirkan notasi dan simbol yang digunakan pada operasi himpunan. Pada aspek imajinasi siswa mengalami kesulitan mengekpresikan imajinasi ke dalam bentuk nyata, seperti mengubah soal ke bentuk diagram Venn. Pada aspek prasyarat siswa masih kurang memahami konsep materi prasyarat tentang operasi pada himpunan yang sudah disampaikan oleh guru sebelumnya. Pada aspek tanggapan siswa masih kurang memahami penggunaan dan penerapan rumus penyelesaian operasi himpunan yang tepat. Pada aspek terapan siswa tidak dapat mengaplikasikan konsep operasi himpunan pada soal yang diberikan dengan tepat.Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah faktor internal seperti minat, motivasi, intelegensi, dan kebiasaan belajar siswa; dan faktor eksternal yaitu guru.Kata kunci: himpunan, kesulitan belajar, matematika

Copyrights © 2019