Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 2, No 3 (2014): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BIROMARU

Selviana, Selviana (Unknown)
Darmadi, I Wayan (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2015

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR dengan model pembelajaran konvensional. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu the non equivalen, Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Biromaru, dengan sampel penelitian kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil analisa data yang diperoleh adalah hasil belajar fisika, pada kelas eksperimen skor rata-ratanya adalah 12,46 dengan standar deviasi 2,56 dan kelas kontrol skor rata-ratanya adalah 9,44 dengan standar deviasi 2,34. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 1,78 sedangkan untuk t tabel = 1,67. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian hipotesis berada diluar kriteria penerimaan Ho. Terima Ho jika  -1,67 < t < 1,67 dan tolak Ho dalam hal lainnya. Jelas bahwa t hitung = 1,78 berada diluar Ho. Jadi dengan demikian Ho ditolak dengan taraf nyata α = 0,05 dengan dk= 49. Sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran AIR, Model pembelajaran konvensional, hasil belajar fisika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...