Jurnal Dikdas
Vol 2, No 1 (2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 1 BALE DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB

Ian Trianti (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Widayati Pujiastuti (Universitas Tadulako)
Rizal Rizal (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2014

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bale? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode tanya jawab di kelas IV SDN 1 Bale. Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan  di SDN 1 Bale, melibatkan 20 orang siswa terdiri atas 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian  ini  menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri  atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat  tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50% dan daya nilai rata-rata hasil belajar siswa 56%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 80%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Bale. Kata Kunci :  Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...