Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
Vol 2, No 1 (2000): Jurnal Ilmiah Kesatuan

Peranan Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi Dalam Menunjang Kegigatan Produksi (Studi Kasus di PT. Dasar Rukun)

Rosita, Siti Ita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2012

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha pada umumnya, banyak perusahaan-perusahaan berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan tersebut, aktivitas-aktivitas yang ada didalam suatu perusahaan menjadi bertambah banyak, baik jenisnya maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika di dalam perusahaan kecil, jumlah dan jenis kegiatan yang dilakukan adalah terbatas sehingga fungsi perencanaan dan pengawasan dapat dilakukan dengan mudah, maka tidaklah demikian untuk perusahaan besar. Perusahaan yang berkembang lebih besar mempunyai kegiatan yang lebih banyak baik jenis maupun volume-nya, sehingga fungsi perencanaan dan pengawasan menjadi tidak sesederhana perusahaan yang belum berkembang. setiap perusahaan dewasa ini menghadapi persaingan yang sangat ketat dan tidak terkecuali, baik dalam melakukan kegiatannya atau dalam perkembangannya. Keadaan ini mengharuskan setiap perusahaan untuk melakukan pengelolaan secara baik dan matang dalam perencanaannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi penetapan dan penyusunan anggaran biaya produksi perusahaan dan mengkaji peranan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi untuk menunjang kegiatan produksi Dari hasil penelitian diperoleh beberapa faktor yang merupakan dasar dilakukannya penyusunan anggaran yaitu: harga, tarif UMR dan jumlah tenaga kerja langsung.

Copyrights © 2000






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis ...