Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2013): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 4 2013

E-LEARNING BAHASA INGGRIS (KOSA KATA DASAR) UNTUK ANAK PRA SEKOLAH BERBASIS MULTIMEDIA

Parno Parno (Program Studi Manajemen Informatika, Universitas Gunadarma Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok, 16424)
Esti Setiyaningsih (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Gunadarma Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok, 16424)
Fadly Fatah (Program Studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok, 16424)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2013

Abstract

Teknologi pendidikan saat ini semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan multimedia, komputer sudah tidak bisa lagi disebut sebuah barang mewah yang hanya digunakan sebagai alat pengolah data  saja, namun sudah bisa dimanfaatkan dalam segala hal seperti pada dunia pendidikan. Media pembelajaran yang ada saat ini masih bersifat konvensional dimana media yang  digunakan adalah buku dan alat tulis. Aplikasi Multimedia Learning Bahasa Inggris Untuk Anak Pra Sekolah ini merupakan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia elektronik yang bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu alternatif untuk mengenalkan kosa kata dalam bahasa inggris kepada anak pra sekolah dengan metode berbeda yang digunakan dalam dunia pendidikan yang berbasis desktop. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan pembelajaran Bahasa Inggris dengan mudah dan dapat dilakukan dimana saja kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu dengan menampilkan konten pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif yang tentu saja disukai oleh anak-anak pra sekolah. Aplikasi ini juga sekaligus sebagai implementasi dari Green Learning yaitu dengan meminimalisir penggunaan kertas sebagai media belajar. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data  dari berbagai sumber serta melakukan pembuatan aplikasinya yang meliputi mengolah dan menganalisa data yang telah dikumpulkan, merancang tampilan aplikasi, membuat aplikasi, menguji serta mengimplementasi aplikasi. Aplikasi ini sendiri berisi materi pelajaran bahasa Inggris meliputi mengenal nama hewan, mengenal nama benda dan mengenal nama buah. Selain itu di dalam aplikasi ini juga terdapat suara pengucapan dari kata tersebut.   Kata kunci: E-Learning, Bahasa Inggris, Anak, Multimedia

Copyrights © 2013