Konsep pendidikan berbasis desain, khususnya desain produk interior yang dalam beberapa tahun belakangan ini sudah banyak mengalami perubahan-perubahan metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran sudah diterapkan, mulai pembelajaran dengan pemecahan masalah (based on problem) maupun metode berbasis kompetensi (based on competency). Cara pandang dan pendekatan yang mendasari konsep mendesain produk dengan metode yang ada memang tidak ada yang salah. Mendesain produk untuk industri ataupun interior tidak hanya sebatas dan berhenti pada tataran konsep semata, namun juga perlu pemikiran bagaimana produk tersebut di buat dan dipakai oleh penggunanya dan bahkan sampai menjadi sebuah unit usaha berbasis desain produk. Untuk itu diperlukan sebuah konsep pembelajaran yang holistik dengan mengintergrasikan metode perancangan produk dan perencanaan bisnis yang tepat. Kebutuhan akan sebuah model studi pembelajaran dalam perancangan desain produk yang bisa mengintegrasikan proses berpikir desain dan perencanaan model bisnis yang mudah dipahami oleh mahasiswa menjadi landasan penulisan ilmiah ini. Model perancangan dengan pendekatan konsep Design Thinking dipilih karena memiliki beberapa tahapan dan alur pikir yang sistematis dan saling berkesinambungan. Sedangkan konsep pembelajaran perencanaan model bisnis dilakukan melalui metode Business model Canvas (BMC). Konsep Integrasi model perancangan produk dengan pendekatan design thinking dan perencanaan model bisnis dengan BMC ini diaplikasikan pada mata kuliah perancangan desain produk furnitur di kelas Entrepreneurial Interior Architecture Studio 4 (EINAS 4) Universitas Ciputra.
Copyrights © 2015