Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya
Vol 6, No 2 (2016)

INCORPORATING LOCAL WISDOM INTO CREATIVE WRITING: EXPLORING THE STUDENTS PERCEPTION TOWARDS THE SIGNIFICANCE OF CULTURAL IDENTITY

Muhammad Rozin (Universitas Brawijaya)
Sri Herminingrum (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2016

Abstract

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal, secara umum, telah banyak bergeser dan bahkan cenderung tergerus. Dalam banyak hal, globalisasi menggeser persepsi para agen budaya masa kini atas pentingnya warisan nilai-nilai budaya yang luhur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memetakan posisi kearifan lokal dalam persepsi mahasiswa Program Studi S1 Sastra Inggris Universitas Brawijaya Malang. Hal ini dimaksudkan untuk melacak bagaimana mahasiswa mempersepsi pentingnya nilai-nilai kearifan lokal dan sejauh mana mereka meresapi nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari konsepsi diri mereka, khususnya dalam konteks menulis kreatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method), yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 88 mahasiswa semester 5. Sedangkan data kualitatif diperoleh dengan cara observasi kelas dan mencermati materi ajar dalam kelas creative writing. Meskipun sebagian besar mahasiswa sadar akan pentingnya nilai- nilai kearifan lokal, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada jarak (gap) antara kesadaran mahasiswa akan pentingnya pengetahuan kearifan lokal dalam menulis, dan akses mereka terhadap kearifan lokal itu sendiri. Bagi mereka, nilai-nilai kearifan lokal kurang cukup terjangkau (inaccessible). Oleh karena itu, mereka menganggap bahwa penting kiranya untuk memasukkan materi tentang kearifan lokal ke dalam mata kuliah creative writing.

Copyrights © 2016