Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia
Vol 5, No 2 (2009)

PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF DAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP GELOMBANG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

Sarwi, - ( Jl. Sampangan Baru A-12A Semarang Telp: (024) 8316504 HP: 08122929255)
Liliasari, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada konsep gelombang, melaluipenerapan strategi pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah berkolaborasi. Model kuasi eksperimen dengan disainpretest-posttest control group digunakan dalam penelitian ini. Tes obyektif dilengkapi alasan digunakan dalam pengumpulan data.Hasil penelitian yaitu penumbuhkembangan keterampilan berpikir kritis indikator memberi penjelasan sederhana dan membangunketerampilan dasar diperoleh skor 66,3 dan 64,4; sedangkan indikator menyimpulkan dan memberi penjelasan lanjut dicapai skor54,7 dan 23,7 (skala 100). N-gain kelompok eksperimen 54 dan kontrol 42; sedangkan skor penguasaan konsep gelombang keduakelompok itu sebesar 62,6 dan 52,5 (skala 100). Uji t dengan sampel paasangan bebas diperoleh t hitung (3,92) > t tabel (1,98),untuk sampel 131, taraf signifikansi uji = 0,05 dan derajat kebebasan (dk = nt-2) = 129. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1)keterampilan berfikir kritis mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalahberkolaborasi, dan 2) penguasaan konsep gelombang kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. The aim of the study was to foster critical thinking skill of university students on wave concepts, through implementation ofcooperative learning strategies and problem solving with collaboration. Experimental quasi model with pretest-posttest controlgroup design was used in the study. Objective tests followed with reasons were used collecting the data collection. The results showdevelopment of indicator for critical thinking skills provide a simple explanation and build basic skill showing score of 66.3 and 64.4;while indicator of concluding and giving further explanation showed score of 54.7 and 23.7 (scale of 100). N-gain experimentalgroup of 54 and control of 42; while mastering the concept of a second wave scored 62.6 and 52.5 (scale of 100). Sample t test witha lone pair and the degrees of freedom (df = NT2) 129. Inconclusion results show that 1 students critical thinking skills can beenhanced through cooperative and problem-solving learning collaboration, and 2) mastering the concept of wave overexperimental group is better than in control group.Keywords: critical thinking; cooperative; problem solving; wave concept

Copyrights © 2009