Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia
Vol 5, No 2 (2009)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT KARYA IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED-INSTRUCTION DI SMP

Sulistyanto, - (Unknown)
Rusilowati, A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik dan disukai siswa, menumbuhkan kretivitas siswadalam membuat alat peraga IPA, dan meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya konsep AlatOptik. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Ungaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009.Penelitian tindakan ini berlangsung sebanyak 3 siklus. Model pembelajaran yang diterapkan adalah problem based-instruction,dengan metode demonstrasi dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat dari siklus satu kesiklus berikutnya. Ketuntasan klasikal yang dicapai selalu 100%. Pada setiap siklus, nilai rata-rata tes mengalami peningkatan,yaitu 93,1 pada siklus I menjadi 94,7 pada siklus II dan 97,2 pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tidakmengganggu hasil belajar siswa. This study is aimed to create an exciting and preferable learning condition, grow students creativity in making natural science, andimprove student learning outcomes in natural science subjects in particular optic tool concept. Subject research is a class VIIIstudent H SMP Negeri 3 Ungaran Semarang District of 2008/2009. The act study uses 3 cycles. The applied learning model isproblem-based, with demonstration method and experiment on study results show that the creativity of students increased fromone cycle to the next cycle. The achieved classic mastery is always 100%. At each cycle, the average test scores increased,namely from 93.1 to 94.7 in cycle I to cycle II and 97.2 in III. The cycle showed that the model does not interfere with student learningoutcomes.Keywords:creativity, problem based instruction;natural science

Copyrights © 2009