E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.07.NO.11.TAHUN 2018

PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KARYAWAN BERORIENTASI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI BULGARI RESORT BALI

Niky Purbawisesa (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA)
I Made Wardana (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA)
I Putu Gde Sukaatmadja (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kualitas layanan dalam memediasi karyawan berorientasi pelanggan dengan kepuasan pelanggan di Bulgari Resort Bali. Penelitian ini dilaksanakan di Bulgari resort dengan populasi pelanggan yang pernah menginap minimal 1 kali di Bulgari Resort Bali dari bulan Januari ke Juli tahun 2016. Kuesioner disebarkan kepada 130 responden dengan metode purposive sampling. Studi ini menggunakan pendekatan variance based atau component based teknik analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan berorientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta terhadap kualitas layanan. Kualitas layanan juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kualitas layanan terbukti memediasi secara parsial pengaruh karyawan berorientasi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan serta karyawan yang berorientasi kepada pelanggan berperan penting terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dijadikan dasar bagi para pelaku industri hospitality secara umum dan manajemen Bulgari resort Bali khususnya untuk meningkatkan kualitas layanan dan karyawan yang berorientasi pelanggan. Dengan demikian disarankan pihak manajemen dapat melaksanakan program pelatihan yang terpadu dan berkelanjutan agar mampu memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...