Harmonia: Journal of Research and Education
Vol 8, No 1 (2007)

Refleksi Teori Kritik Seni Holistik : sebuah Pendekatan Alternatif dalam Penelitian Kualitatif bagi Mahasiswa Seni (Reflection on Art Criticism and Holistic Art Criticism : an Alternative Approach of Qualitative Research for Art Students)

Suharto, S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2011

Abstract

Kritik seni sudah lama dikenal dalam dalam dunia seni maupun sastra. Dalam duniapendidikan maupun penelitian pun sudah banyak diterapkan. Walaupun semula, sepertisifatnya yang evaluatif, pendekatan kritik seni digunakan untuk penelitian evaluatif,namun dalam perkembangannya dapat digunakan untuk jenis penelitian lainnya baikpenelitian dasar maupun terapan karena sebenarnya dalam pendekatan ini ada aspekdeskriptif, interpretatif, dan aspek evaluatif. Pendekatan kritik seni yang dalamanalisisnya menggunakan tiga faktor seperti faktor genetik, objektif, dan afektif dapatmemecahkan masalah penelitian secara komprehensip seperti sifat penelitian kualitatifyang fenomenologis dan hermeneutik. Sifatnya yang lentur, pendekatan ini dirasasangat aplikatif untuk penelitian-penelitian pada umumnya lebih khusus lagi untukpenelitian dalam cabang ilmu humaniora. 

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

harmonia

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Harmonia: Journal of Arts Research and Education is published by Departement of Drama, Dance, and Music, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Semarang in cooperation with Asosiasi Profesi Pendidik Sendratasik Indonesia (AP2SENI)/The Association of Profession for Indonesian Sendratasik ...