Jurnal Studi Manajemen Organisasi
Vol 4, No 2 (2007)

MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI ALIANSI STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. POS INDONESIA WILAYAH VI JATENG DAN DIY)

GL. Hery Prasetya (Unknown)
Edi Rahardja (Unknown)
Retno Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2012

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan bagaimana inovasi produk, aliansi stratejik dan  perubahan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh PT. Pos Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui keunggulan kompetitif yang didapat dari inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kantor pos di wilayah VI Jateng dan DIY yang sudah on-line. Dari 272 kuesioner yang disebar, yang kembali hanya 111 kuesioner. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis data terlihat bahwa dari enam hipotesis, hanya empat yang diterima. Perubahan lingkungan terbukti berpengaruh positif terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif, aliansi stratejik berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Inovasi produk terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif. Kata kunci:      Inovasi Produk; Aliansi Stratejik; Perubahan Lingkungan; Keunggulan Kompetitif; dan Kinerja Perusahaan .

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

smo

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Studi Manajemen Organisasi merupakan peer-reviewed academic journal yang terbit mulai 2007 yang di publikasikan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Studi Manajemen Organisasi menerbitkan artikel konseptual dan empiris di bidang manajemen. JSMO ...