Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang bias membantu siswa dalam belajar mandiri serta valid, praktis, dan efektif. Sehingga diharapkan dengan adanya modul ini siswa dapat belajar mandiri dimana dan kapan saja. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Tahap penelitian meliputi define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Modul pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan nilai kevalidan 0,89 berdasarkan validasi dari tiga orang validator media dan dari segi kevalidan materi dinyatakan valid dengan nilai 0,88 dari dua orang guru yang mengajar OOP. Modul pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan siswa. Hal ini menunjukan bahwa, modul pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat direkomendasikan bahwa modul pembelajaran interaktif merupakan salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat di gunakan pada pembelajaran pada mata pelajaran Object Oriented Programming (OOP).
Copyrights © 2018