cover
Contact Name
Nizwardi Jalinus
Contact Email
nizwardi@ft.unp.ac.id
Phone
+6281266945758
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Padang Jln. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang Sumatera Barat - 25132
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 26213273     EISSN : 26211548     DOI : https://doi.org/10.24036/jptk
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan is journal in which managed by faculty of engineering Universitas Negeri Padang. It provide scientific platform for scientist, academician, student and industrial practitioner to promote knowledge, research finding, the newest innovation in technical vocational education and training (TVET). Scopes of the journal covering education and training in the field of mechanical, electrical, electronics, automotive, information technology, civil and building construction engineering and environment including others vocational studies. This journal publish four issues every year in February, Mei, August and November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 155 Documents
ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 1 LAHAT Tania Helvetia; Nizwardi Jalinus; Refdinal Refdinal
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.401 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i3.2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai rendah pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika pada siswa SMK N 1 Lahat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2×2, yakni dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi penelitian (independent variable) terhadap hasil (dependent variable). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 587 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 untuk kelas eksperimen dan X TKR 1 untuk kelas kontrol dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan sama. Kelas X TSM 1 diberikan metode pembelajaran problem solving sedangkan kelas X TKR 1 diberikan metode pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik anova dua jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: a) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, b). Rata-rata hasil belajar mata pelajaran fisika memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah, c) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di dalam mata pelajaran fisika.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI ADOBE FLASH BAHASA JAVA PADA MATA PELAJARAN OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) Muhammad Ikram Jasman; Kasman Rukun; Sukardi Sukardi
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.778 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i3.1923

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang bias membantu siswa dalam belajar mandiri serta valid, praktis, dan efektif. Sehingga diharapkan dengan adanya modul ini siswa dapat belajar mandiri dimana dan kapan saja. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Tahap penelitian meliputi define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Modul pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan nilai kevalidan 0,89 berdasarkan validasi dari tiga orang validator media dan dari segi kevalidan materi dinyatakan valid dengan nilai 0,88 dari dua orang guru yang mengajar OOP. Modul pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan siswa. Hal ini menunjukan bahwa, modul pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat direkomendasikan bahwa modul pembelajaran interaktif merupakan salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat di gunakan pada pembelajaran pada mata pelajaran Object Oriented Programming (OOP).
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 LAHAT Aris Puja Widikda; Kasman Rukun; Wakhinuddin Wakhinuddin
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.783 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i3.1823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan penelitian ini juga menggunakan model pengembangan 4D (four-D), yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dessiminate (penyebaran). Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif untuk menentukan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif. Media pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan Lectora Inspire. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan valid pada validasi ahli materi dengan nilai 0,95 dan pada validasi ahli media dinyatakan valid dengan nilai 0,93, (2) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 96,11 dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,54, (3) Efektivitas media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana rata-rata pretest 61,46% menjadi rata-rata postest 81,37%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran.
EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM HONDA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 LAHAT Aken Derisman; Ambiyar Ambiyar; Wakhinuddin Wakhinuddin
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.056 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i3.1723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pelaksanaan Kurikulum Honda di SMK Negeri 1 Lahat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Dalam model evaluasi ini terbagi empat tahap yaitu: Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation dan Product Evaluation. Pelaksanaan Kurukulum Honda pada Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Lahat sudah berada pada kategori baik dengan nilai ratarata TPR 81,00%.
EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN LOGIC MODEl DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO Febrison Febrison; Fahmi Rizal; Wakhinuddin Wakhinuddin
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.925 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i3.1623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan (implementasi) Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo dengan menggunakan Evaluasi Logic Model yang mencakup 4 aspek yaitu; evaluasi input, evaluasi aktivitas, evaluasi output dan evaluasi outcomes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan gabungan/mixed dengan metode sequential explanatory (urutan pembuktian), penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian kuantitatif terlebih dahulu, kemudian melanjutkan penelitian dengan metode kualitatif untuk menemukan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Tabel Nomogram Henry King, sehingga jumlah guru yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 78 orang. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo masih tergolong cukup dengan rata-rata skor adalah 3,84 dan TCR adalah 75,52%. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada aspek input adalah baik dengan rata-rata skor adalah 3,96 dan TCR adalah 80,28%, pada aspek aktivitas adalah cukup dengan rata-rata skor adalah 3,70 dan TCR adalah 74,06%, pada aspek output implementasi Kurikulum 2013 adalah cukup dengan rata-rata TCR adalah 3.96 dan rata-rata indikator adalah 73,62%, selanjutnya pada aspek outcomes adalah cukup dengan rata-rata skor adalah 3,73 dan TCR adalah 74,13 %. Implikasi penelitian ini adalah adanya perlunya peningkatan dan perbaikan pada aspek aktivitas, input, dan outcomes, meski komponen evaluasi aktivitas telah menunjukkan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang baik. Penulis merekomendasikan kepada kepala sekolah dan pengawas agar secara berkesinambungan mengawasi dan mendampingi pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 oleh guru, guru juga harus mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan serta menciptakan hubungan yang harmonis dan saling mendukung demi terlaksananya Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo
PENGEMBANGAN MODUL DAN TRAINER MENGGUNAKAN MOTOR DC BERBASIS ATMEGA 16 PADA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK Purwanto Purwanto; Ganefri Ganefri; Nurhasan Syah
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.138 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i2.1523

Abstract

Artikel ini bertujuan mengembangkan Modul dan Trainer menggunakan Motor DC berbasis Atmega 16 untuk mendukung Pembelajaran Praktek Instalasi Motor Listrik. Rancangan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan pengembangan dan prosedur atau langkah yang dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli materi dan ahli media dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar. Tahapan yang diambil dimaksudkan untuk memperoleh media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : Pengembangkan Modul dan Trainer Menggunakan Motor DC Berbasis Atmega 16 pada Pembelajaran Instalasi Motor Listrik, secara signifikan berhasil meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran praktek. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar kelas yang tidak menggunakan media Modul dan Trainer 6,16 sedangkan nilai rata rata kelas yang menggunakan media Modul dan Trainer 7,94.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA Nurhasan Syah; Nelma Busra
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.22 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v3i1.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar dampak pembelajaran konstruktivisme menggunakan Modul dapat meningkatkan konsep diri dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di kelas X Otomasi Industri SMKN 1 Batam. Data tentang konsep diri dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil belajar Fisika menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dan temuan menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan konsep diri, dan (2) hasil belajar setelah penerapan pembelajaran Konstruktivisme Modul Fisika. Temuan ini menunjukkan bahwa modul Konstruktivisme dapat dikembangkan lebih luas dalam rangka meningkatkan konsep diri siswa serta hasil belajar.
EVALUASI DAN DISAIN HIPOTETIK PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG Agamuddin Agamuddin; Fahmi Rizal; Fera Susanti
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.859 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i1.623

Abstract

Observasi awal mengindikasikan kompetensi kejuruan yang dipelajari di sekolah kurang sesuai dengan yang didapatkan di tempat prakerin. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi bagaimana tingkat pencapaian konteks, masukan, proses dan hasil untuk merumuskan dasar disain hipotetik program prakerin siswa SMK Negeri 2 Padang Panjang. Penelitian deskriptif evaluatif dengan kombinasi kuantitatif dan kualitatif ini menggunakan model CIPP. Instrumen yang dipakai memiliki validitas sebesar 0,361 pada taraf signifikansi 0,05 dan reliabilitas= 0,926. Penelitian menyimpulkan bahwa konteks dalam prakerin ditinjau dari tujuan program dan lingkungan tempat prakerin dinilai cukup baik. Jenis pekerjaan siswa pada saat prakerin dengan kompetensi keahlian siswa di sekolah kurang relevan terutama pada keahlian Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Hasil evaluasi ini dijadikan dasar bagi disain hipotetik pelaksanaan standar prakerin bagi program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak untuk masa datang
PENGEMBANGAN KOMPETENSI PRODUKTIF KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N I GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA M Giatman; Antoni Antoni; Syahril Syahril; Hasan Maksum
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.71 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i1.723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi produktif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jenis penelitian ini Research and Development, pengumpulan data menggunakan metode Delphi. Jumlah responden Responden 45 orang yang terdiri dari: 24 teknisi bengkel otomotif 11 guru SMK dan yang rekayasa kendaraan ringan, dan 10 orang dosen. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan 58,8% kompetensi sangat penting dipelajari oleh siswa karena relevan dengan kebutuhan bisnis atau industri, 38,2% kompetensi penting dan relevan dengan kebutuhan bisnis atau industri, dan hanya 2,94% kompetensi kurang relevan dengan kebutuhan tempat kerja. Meskipun kompetensi nya sudah banyak yang relevan, masih perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru di bidang otomotif seperti: elektronik otomotif dan sistem manajemen
EVALUASI DENGAN DISCREPANCY MODEL PADA PROSES PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK N 2 SIJUNJUNG Ambiyar Ambiyar; Asril Arif
Journal Teknik Elektro Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan
Publisher : Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.824 KB) | DOI: 10.24036/jptk.v1i1.823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi masalah dalam proses pembelajaran pada sistem starter dan cahrging sytem course di SMK N 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini merupakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif. Mencakup aspek input, proses dan output dalam proses pembelajaran, dan model interaktif data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KR Light Vehicle Technical Skills Competency. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini menunjukkan bahwa input dalam proses pembelajaran dalam kategori cukup, proses dan output dalam kategori yang baik. Overal merupakan celah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan sistem starter dan sistem pengisian di SMK N 2 Sijunjung dalam kategori baik. Dengan demikian penerapan proses pengajaran mengacu pada standarnya dan memiliki evaluasi yang baik terhadap prestasi belajar berdasarkan penilaian autentik dan standar evaluasi.

Page 1 of 16 | Total Record : 155