TelahÃÂ dilakukanÃÂ penelitianÃÂ tindakanÃÂ kelasÃÂ denganÃÂ tujuan meningkatkanÃÂ aktivitas danÃÂ hasilÃÂ belajarÃÂ kognitifÃÂ siswaÃÂ kelas XI-IPA SMA MasehiÃÂ 1 PSAK Semarang melalui pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur. Pemberian umpan yang dilakukanÃÂ guruÃÂ diharapkanÃÂ dapat memfasilitasiÃÂ siswaÃÂ lebihÃÂ aktifÃÂ danÃÂ berprestasiÃÂ tinggi.Penelitian ini terlaksana dalam tiga siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaituÃÂ perencanaan,ÃÂ tindakan,ÃÂ observasi,ÃÂ danÃÂ refl eksi. TindakanÃÂ dilakukanÃÂ berdasarkan perencanaanÃÂ sebagaiÃÂ aplikasiÃÂ atauÃÂ penerapanÃÂ isiÃÂ rancanganÃÂ tindakan.ÃÂ FokusÃÂ dalam penelitianÃÂ iniÃÂ adalahÃÂ pemberianÃÂ umpanÃÂ balikÃÂ berdasarkanÃÂ hasilÃÂ tesÃÂ formatifÃÂ terstruktur. Observasi dilaksanakan oleh peneliti dan guru kolaborasi untuk mendapatkan data aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya kenaikan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal. Nilai persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 83,33%, serta pada siklus III sebesar 90,47%, sedangkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 71,42%, dan siklus III sebesar 80,95%. Berdasarkan data nilai persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.ÃÂ Kata Kunci: umpan balik, hasil belajar kognitif
Copyrights © 2009